Wednesday, September 18, 2013

P3K KEYBOARD


P3K KEYBOARD
PENANGANAN PERTAMA PADA KERUSAKAN KEYBOARD

Keyboard merupakan alat yang sangat diperlukan dalam perangkat computer, karena tanpa keyboard kita tidak dapat melakukan inputing data. Banyak permasalahan tentang keyboard yang dihadapi user, dintaranya salah satu tombol yang mati tidak dapat digunakan, atau tombol yang hubung singkat atau konslet atau mencet terus, sehingga akan mengganggu kinerja laptop tersebut. Kendala  tersebut terjadi karena laptop yang sering digunakan untuk main games (selalu menekan tombol tertentu), atau laptop yang jarang dipakai (akibat jamur karena lembab).
Bagi user yang mengalami hal tersebut tidak perlu panic dan khawatir, tidak perlu terburu buru dibawa ke bengkel, kita dapat mengatasinya sendiri, cara mengatasinya permasalahan diatas sangat mudah, kita hanya perlu aplikasi ms word atau notepad untuk mendeteksi keyboard yang rusak. Untuk memperbaikinya kita hanya membutuhkan cairan pembersih LCD monitor.
Langkah langkah memperbaiki keyboard :
1.       Pengecekan tombol yang rusak dengan cara
a.       Buka aplikasi ms word
b.      Tekan tombol angka dan huruf satu persatu (akan ketahuan tombol mana yang tidak berfungsi atau yang konslet)
c.       Catat tombol mana saja yang tidak berfungsi
2.       Perbaikan tombol
a.       Kenali posisi pengunci keyboard (ada lubang kecil diposisi atas keyboard)


b.      Lepaskan keyboard dengan menggunakan penggaris dari plastic agar chasing tidak lecet (sebelum melepas keyboard, laptop harus dimatikan dahulu)





c.       Setelah keyboard terlepas, lepaskan tombol yang bermasalah dengan cara menekan pengunci tombol dibagian belakang keyboard dengan menggunakan ujung pensil atau ujung ballpoint



d.      Setelah terlepas

e.      semprotkan cairan pembersih LCD monitor pada tombol yang bermasalah tersebut


f.        setelah disemprot, biarkan cairan meresap dahulu, kemudian tekan tombol yang bermasalah tersebut berulang ulang.
g.       Ulangi langkah demi langkah untuk tombol yang lain.
h.      Pasang keyboard dan coba gunakan.

No comments: